8 Langkah Untuk Percaya Diri Dalam Sekejap

Category Uncategorized | Tags:

Agar seseorang dapat terlihat percaya diri, banyak faktor yang harus diterapkan secara terus menerus. Percaya diri bukanlah sesuatu yang bisa disulap dalam sekejap. Bahkan banyak tempat-tempat kursus kepribadian didirikan untuk membentuk rasa percaya diri yang tinggi pada seseorang. amrikagenie2

Tetapi tahukah anda bahwa anda dapat terlihat percaya diri meskipun sebenarnya anda belum merasa yakin sepenuhnya? Jika anda kebetulan berada pada situasi yang mengharuskan anda tampil berwibawa dan percaya diri, ikuti tips-tips berikut ini agar anda dapat tampil percaya diri dalam sekejap.

1. Cerdas Berpakaian

Ketika anda berpakaian secara cerdas dan baik, interaksi anda dengan orang lain bisa lebih bermakna. Kenakan pakaian yang bersih dan sesuai dengan kepribadian. Jangan kenakan pakaian yang membuat anda sulit bergerak, karena itu hanya makin menekan perasaan anda.

 2. Pertahankan Postur Tubuh

Jangan biarkan bahu anda terkulai, kepala tertunduk atau punggung membungkuk. Postur tubuh yang baik menyampaikan “energi” dan meningkatkan tingkat kepercayaan diri anda.

3. Sempatkan Bersyukur Atas Segala Sesuatu Yang Sudah Didapat

Bersyukur sebelum melakukan sesuatu bisa membantu anda untuk menghilangkan pikiran-pikiran negatif dan memunculkan pikiran-pikiran positif yang secara otomatis akan memunculkan rasa percaya diri.

4. Fokus Pada Tujuan

Saat anda bertemu dengan orang yang anda tuju, jangan biarkan pikiran anda teralihkan sampai anda berhasil mencapai target yang anda inginkan. Tumbuhkan kebanggaan pada pencapaian anda sekecil apa pun itu.

5. Jangan Diam Apalagi Takut

Banyak orang ragu untuk menyampaikan pendapatnya karena merasa tidak enak hati atau takut salah. Bicara dan ungkapkan saja pendapat anda.  Ingat, TIDAK ADA MANUSIA YANG SEMPURNA. Berbuat sedikit kesalahan itu sangat manusiawi. Buat diri anda DIDENGAR.

6. Hindari Pembicaraan Yang Terfokus Hanya Pada Diri Sendiri

Jangan sibukkan pikiran anda pada diri sendiri. Ini yang seringkali membuat seseorang ‘nervous’. Fokuskan pikiran anda pada apa yang bisa anda sumbangkan. Ini membantu untuk membuat anda merasa lebih baik. Anda pasti pernah mengalami masa di mana anda berbuat atau menyumbangkan sesuatu dan anda merasakan hati anda nyaman. Inilah saatnya. Jika anda bisa berfokus pada keinginan untuk menyumbangkan kemampuan anda, maka secara tidak langsung anda akan memenangkan perhatian.

7. Jaga Sikap Saling Menghormat

Sesantai apapun pertemuan yang anda hadapi, tetaplah  menjaga rasa saling menghormati dan jangan ragu untuk berterima kasih atas sekecil apapun bantuan yang diberikan pada anda. Menghormati bukan berarti merendahkan diri. Anda harus bisa menempatkan posisi anda untuk menghormati orang lain tanpa harus mengecilkan arti diri anda.  Ketika anda menghormati orang lain, maka rasa hormat itu pun akan berbalik kepada anda.

 8. Semua Yang Sukses Awalnya Juga Tidak Sukses

Ingat bahwa SEMUA ORANG SUKSES pada awalnya juga tidak sukses. Banyak kegagalan yang dialami, tetapi itulah yang membuat seseorang lebih kuat dan bisa sukses. Tanamkan pikiran ini untuk tetap menjaga tingkat rasa percaya diri anda.

*Artikel ini telah dimuat pada Tabloid GENIE edisi 27 Desember 2013

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>