How to Protect and Monetize Your IP Rights in the Film Industry

6 Mei 2015, saya berkesempatan memberikan presentasi dalam Seminar “How to Protect and Monetize Your IP Rights in the Film Industry” yang diadakan oleh Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI) dan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF). Topik yang diberikan kepada saya persis seperti judul seminar ini. Sayangnya, waktu yang diberikan kepada saya sangat tidak memungkinkan bagi saya untuk dapat menyampaikan materi yang demikian luas berat ini.

From IPR Forum 6 May 2015

From IPR Forum 6 May 2015

Saya katakan luas dan berat karena memang demikian adanya. Dalam situasi rata-rata masyarakat yang belum sepenuhnya paham apa Hak Kekayaan Intelektual, khususnya Hak Cipta, saya harus menyampaikan materi ini hanya dalam waktu yang sangat singkat, mungkin kurang dari 15 menit, dan tidak ada sesi tanya jawab. Tapi saya tetap berterima kasih telah diberi kesempatan untuk turut berpartisipasi dalam acara yang sangat penting dan secara keseluruhan hebat ini.

Karena keterbatasan waktu kemarin, materi tidak sempat saya sampaikan semua. Oleh karenanya, ada baiknya jika materi tersebut saya bagikan saja melalui blog pribadi saya ini agar tidak mubazir kerja otak saya membuat presentasi ini dan hasilnya bisa bermanfaat bagi banyak orang. Tentu saja jika bentuknya hanya berupa presentasi mentah, tak akan begitu jelas jika tidak diterangkan. Akan tetapi, setidaknya, setiap orang bisa memiliki gambaran mengenai cara melindungi hak kekayaan intelektual dalam industri film dan mengkomersialkan hak-hak ekonomi dari hak cipta yang terkandung di dalamnya secara maksimal.

File presentasi saya bisa didownload di sini : “How to Protect and Monetize Your IP Rights in the Film Industry” .  Semoga bermanfaat! 

Leave a Comment

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>